Tips Sehat Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Jika Anda pernah punya batu ginjal, Anda pasti ingat itu. Rasa sakit tak tertahankan. Bagi banyak orang, batu ginjal tidak datang satu kali: di sekitar setengah dari orang-orang yang pernah mengalami batu ginjal, maka akan kambuh kembali apabila adanya tanpa langkah-langkah pencegahan yang dilakukan. Mencegahnya berarti mencegah kondisi yang mendukung pembentukan batu ginjal. Berikut adalah cara terbaik untuk mencegah batu ginjal:

Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Minum banyak air: minum air tambahan mencairkan zat dalam urin yang mengarah ke batu. Berusaha untuk minum cairan secukupnya setiap harinya, yang kira-kira delapan gelas.

Mengurangi natrium: diet tinggi natrium yang dapat memicu batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium di urin Anda. Batasi asupan natrium harian total dengan 2.300 mg. Jika natrium telah memberikan kontribusi terhadap batu ginjal di masa lalu, mencoba untuk mengurangi asupan harian 1500 mg. Ini juga akan baik untuk jantung dan tekanan darah.

Hindari makanan pemicu batu ginjal: bit, cokelat, bayam, teh, dan kacang-kacangan kebanyakan yang kaya oksalat, dan Cola kaya fosfat, yang keduanya dapat berkontribusi terhadap batu ginjal. Jika Anda menderita batu ginjal, dokter mungkin menyarankan Anda untuk menghindari makanan ini atau mengkonsumsinya dengan jumlah yang lebih kecil.

Mendapatkan kalsium: mendapatkan terlalu sedikit kalsium dalam diet Anda dapat menyebabkan batu ginjal. Untuk mencegah hal ini, pastikan untuk mendapatkan jumlah kalsium yang sesuai dengan usia Anda. Idealnya, mendapatkan kalsium dari makanan, karena beberapa studi telah menghubungkan suplemen kalsium untuk batu ginjal. Laki-laki 50 dan lebih tua harus mendapatkan 1.000 miligram (mg) kalsium per hari, dengan unit internasional 800-1,000 (IU) vitamin d untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

Membatasi protein hewani: makan terlalu banyak protein hewani, seperti daging merah, unggas, telur, dan makanan laut, meningkatkan tingkat asam urat dan dapat menyebabkan batu ginjal. Diet protein tinggi juga mengurangi tingkat sitrat, kimia dalam urin yang membantu mencegah pembentukan batu. Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, Batasi asupan daging harian Anda. Hal ini juga upaya untuk membuat jantung Anda sehat.

Untuk yang lain, khusus makanan dan minuman tidak mungkin untuk memicu batu ginjal kecuali dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mengambil dosis tinggi vitamin c dalam bentuk suplemen berada pada risiko sedikit lebih tinggi dari batu ginjal. Itu mungkin karena tubuh mengkonversi vitamin C ke oksalat.

Itulah tips sehat mencegah penyakit batu ginjal dari kami. Mencegah lebih baik mengobati, untuk itu segeralah lakukan tindakan-tindakan yang sudah disarankan diatas. Kalaupun Anda mempunyai keluhan batu ginjal, segera konsumsi obat penghancur batu ginjal agar batu pada ginjal Anda segera hilang dan tidak membuat Anda menderita karena gejala yang muncul dari batu ginjal tersebut. Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat, Ammin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *